Rechercher dans ce blog

Monday, April 2, 2018

Selain BIP, Ini 4 Band yang Pernah Rekaman di Alam Terbuka

Suara.com - Grup band BIP tengah sibuk menyiapkan proyek "Anti Tembok". Ini merupakan proyek rekaman yang digagas band yang dihuni Ipang Lazuardi, Bongki, Pay, dan Indra yang keseluruhannya digarap di alam terbuka.

Proyek Anti Tembok ini disiapkan khusus untuk album baru mereka. Keseluruhan lagu mereka direkam bukan di studio, melainkan di alam terbuka.

Salah satu lagu yang kelar direkam yaitu "Belgi (Belagak Gila)". Rekaman tersebut dilakukan di daerah Kaliurang, Yogyakarta.

Terlepas ribet soal urusan teknis, seperti bocornya suara luar atau sewa-menyewa instrumen band, merekam materi lagu di alam terbuka memang sebuah pengalaman beda.

Ternyata, BIP bukan yang pertama melakukan rekaman di alam terbuka. Asda beberapa sudah lebih dulu rekaman di alam terbuka.

Berikut 5 band/musisi yang pernah rekaman di alam terbuka:

1. Slank

Grup band Slank. [Instagram]

Bicara soal rekaman di alam terbuka, Slank termasuk yang lebih dulu. Mereka menyulap markasnya di Potlot, Duren Tiga menjadi studio rekaman alam pertama di Indonesia. Halaman parkir, area bermain anak-anak, taman belakang rumah, pendopo dan kebun, secara bergiliran disulap menjadi 'studio'. Hasil rekamannya bisa disimak di album I SLANK U.

2. Endak Soekamti

Band Endank Soekamti. [Instagram]

Trio punk rock asal Jogja ini mungkin yang paling intens melakukan eksplorasi rekaman di alam terbuka. Mei tahun lalu, mereka berkeliling selama 30 hari dengan kapal pinisi bernama KLM Kurabesi Explorer sambil mengarungi perairan Papua, mulai dari Raja Ampat hingga Teluk Cenderawasih demi merekam album Salam Indonesia.

Di album sebelumnya. Soekamti Day, mereka menggarapnya di sebuah pulau kecil bernama Gili Sudak, di Lombok.

"Ini sudah jadi ritual per dua tahun sekali, kami bertamasya sambil berkarya." ujar Erix Soekamti.

3. NOAH

Grup band NOAH di kapal Pinisi. [Instagram]

Band pop alternatif asal Bandung ini juga pernah merasakan rekaman di alam terbuka. Februari tahun lalu, mereka 'berlayar' selama 7 hari di Pulau Gili dengan kapal Phinisi Cheng Ho untuk album kedua mereka.

4. Float

Duo Float. [Instagram]

Kalau soal alam, unit folk asal Jakarta ini terkenal dengan kegiatan alam terbukanya yang diberi tajuk Float To Nature yang digelar sejak 2012 hingga sekarang. Meski bukan untuk tujuan album, namun sesekali Float pernah merekam satu dua lagunya, langsung di alam terbuka, salah satunya seperti yang dilakukan mereka di Pulau Karimunjawa. [Penulis: Wahyu Nugroho]

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

E. Jean Carroll celebrates $83 million legal win over Donald Trump at downtown NYC bar with media types from MSNBC, Rolling Stone - Page Six

She had $83 million reasons to celebrate. E. Jean Carroll was spotted toasting her legal victory against Donald Trump — and her historic...

Postingan Populer