Rechercher dans ce blog

Friday, April 6, 2018

Isao Takahata, Pendiri Studio Ghibli Wafat di Usia 82 Tahun

Suara.com - Sutradara anime peraih nominasi Oscar dan pendiri studio Ghibli dari Jepang, Isao Takahata, telah meninggal dunia pada usia 82 tahun, demikian diwartakan The Guardian, Jumat (6/4/2018).

Takahata wafat pada Kamis (5/4/2018) sekitar jam 1 pagi di Rumah Sakit Universitas Teikyo. Menurut Yahoo Japan, Takahata telah mengalami penurunan kesehatan sejak musim panas lalu dengan kondisi jantung yang buruk.

Takahata memulai karirnya di bidang animasi di Toei Studio pada tahun 1959, di mana ia bertemu dengan teman sekaligus saingannya, Hayao Miyazaki.

Ia mulai terkenal lewat karyanya yang berjudul Grave of the Fireflies setelah mendirikan Studio Ghibli pada 1985 bersama Miyazaki.

Film terbaru Takahata yang berjudul The Tale of the Princess Kaguya telah membuatnya mendapatkan nominasi Academy Award pada tahun 2014 untuk kategori animasi terbaik.

Namun, sebagian besar beranggapan bahwa Grave of the Fireflies yang dibuat pada tahun 1988 tetap menjadi karya terbaiknya.

Dalam perjalanan karirnya, ia telah menghasilkan sekitar 20 film, termasuk Only Yesterday dan Pom Poko yang tak kalah terkenal. Takahata juga memproduksi film Nausicaa of the Valley of the Wind yang diilustrasikan oleh Miyazaki.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

E. Jean Carroll celebrates $83 million legal win over Donald Trump at downtown NYC bar with media types from MSNBC, Rolling Stone - Page Six

She had $83 million reasons to celebrate. E. Jean Carroll was spotted toasting her legal victory against Donald Trump — and her historic...

Postingan Populer