Rechercher dans ce blog

Thursday, March 19, 2020

Cerita Pay Burman Sulitnya Lepas dari Jerat Narkoba

Suara.com - Narkoba memang telah menjerat banyak artis dari kalangan musisi. Salah satu yang pernah kecanduan parah adalah Pay Burman, gitaris BIP, mantan personel Slank.

Tapi, sejak 20 tahun lalu Pay sudah bebas narkoba. Ia pun kini hidup bersih dan terus berkarya dengan BIP dan band terbarunya 31F.

Lewat channel YouTube DMH Project, Pay Burman pun membagi sedikit kisahnya mengenal hingga sembuh dari narkoba.

"Pemakai itu pada dasarnya semua ingin berhenti. Cuma sulit, lingkaran setan. Jadi itu memang kalau dibilang narkoba paling jahat, ya itu paling jahat. Bisa merusak semua," kata Pay membuka obrolan.

Pay mengakui, untuk berhenti dari narkoba sangat sulit. Selain tak kuat dengan sakit yang dirasakan, lingkungan juga sangat berpengaruh.

"Memang susah banget, sudah keluar, ada lagi aja. Sampai kadang-kadang sudah patah semangat. Sampai jedotin pala ke tembok, hidup gue kok begini banget," kenang Pay.

"Gue pernah sampai nangis lah. Misalnya jam 3 malam seruntulan di jalan, sakau. Ngeri lah. Saking gelapnya, mimpi yang harusnya berwarna, mimpi pantai, pantainya hitam, gelap. Sampai mimpi aja begitu," sambung Pay.

Pay mengaku sempat menjalani rehabilitasi. Namun karena hidup seperti dipenjara, musisi 49 tahun ini pun tak sanggup. Sampai-sampai, ia lompat dari atap tempat rehabilitasi dari lantai tiga.

"Di tempat rehab, gue loncat dari lantai 3, mau lari, kabur. Entah gimana, dasar otak jungky, gue bisa naik ke atas genteng, lantai tiga. Di ujung masih mikir, loncat apa nggak. Tahu-tahu ujungnya atapnya patah dan di bawahnya lumpur. Jadi lompat nggak sengaja sebenarnya," ungkap Pay.

Pay kemudian bicara kepada sang ibu, kalau ia tak mau direhab. Namun ia juga berjanji untuk sembuh dari narkoba.

"Gue bilang sama emak gue, jangan di tempat rehab lagi. Tapi gue janji mau sembuh. Kemudian gue dapat obat yang ukup membantu. Sampai sekarang sudah 20 thaun," ujar Pay.

Pay pun kemudian mendapat obat yang membantunya lepas dari narkoba. Pay pun mengakui, salah satu orang yang paling berjasa atas kesembuhannya adalah sang ibu.

"Kalau orang yang paling berperan membantu gue berenti, pasti emak gw. Ya dia super sabar. Kalau gue pikir bisa di titik ini, ya emak gue dan pasti lingkungan dan teman-teman. Memang ada teman yang mengajak ke tidak baik, tapi ada juga yang support," ucap Pay.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

E. Jean Carroll celebrates $83 million legal win over Donald Trump at downtown NYC bar with media types from MSNBC, Rolling Stone - Page Six

She had $83 million reasons to celebrate. E. Jean Carroll was spotted toasting her legal victory against Donald Trump — and her historic...

Postingan Populer