Rechercher dans ce blog

Friday, July 28, 2017

Interview: Vokalis Tipe-X Gerah dengan Pembajakan

Suara.com - Fenomena pembajakan karya cipta lagu dan musik di Indonesia seperti hama yang sulit diatasi. Bahkan saat ini pelanggaran hak cipta musik bukan hanya merambah fisik dalam bentuk Compact Disc (CD) melainkan juga ke ranah digital.

Kampanye melawan pembajakan hampir tiap tahun didengungkan, tepatnya di Hari Musik Nasional yang jatuh tiap tanggal 9 Maret. Tapi tetap saja, penyakit bernama pembajakan ini seperti tak ada obatnya.

Tresno Riadi, salah satu musisi yang sudah cukup lama berada di industri musik menganggap pembajakan di Indonesia sudah pada tahap stadium paling parah. Vokalis band ska Tipe-X itu mengibaratkan kondisi industri musik di Tanah Air seperti mayat hidup.

Kepada Suara.com baru-baru ini, Tresno berbagi pandangannya mengenai praktik pembajakan yang tak kunjung selesai. Sebagai seorang musisi, Tresno sudah tentu merasa begitu gerah.

Ingin tahu lebih lengkap, berikut ini wawancaranya:

Apa pendapat Anda tentang industri musik di Tanah Air saat ini?

Kalau mau jujur, industri musik kita sekarang tuh hidup segan mati nggak mau ya.

Maksudnya?

Iya karena masih banyaknya bajakan yang membuat banyak musisi sekarang malas berkarya bikin album, karena bingung mau dikemanain karyanya dijual. Siapa juga yang mau beli.

Ada yang salah ya berarti dengan penanganan praktrik pembajakan?

Gue sih berharap semua musisi yang pernah merasakan manisnya industri musik Indonesia bekerjasama untuk memberikan dukungan dan pembelajaran ke masyarakat agar masih mau mendukung karya musik kita.

Bukannya saat ini sudah banyak wadah yang dibuat sebagai salah satu cara mengurangi pembajakan?

Wadah sih udah banyak ya, tapi itu semua hanya melindungi karya cipta musisi indonesia. Menurut gue yang terpenting bukan perlindungan pada saat lagu ini sudah dirilisnya ada di media tertentu. Tapi gimana menjaga agar hak-hak musisi dan band bisa terus dilindungi.

Contohnya gini, kalau kita ngomongin bajakan itu udah ada bertahun-tahun, terus mau diapain solusinya nggak ada. Kita mau ada solusi menarik agar industrinya bisa hidup. Supaya orang-orangnya mau beli kaset original. Soalnya setiap kali konser pasti ramai yang datang, makanya ada yang salah nih, itu yang harus dibenerin dulu.

Jadi yang salah sebenarnya siapa? Sistem atau masyarakat?

Menurut gue mereka itu bukan nggak mau beli asli. Tapi akses mereka ke bajakan lebih mudah dibanding akses ke kaset original, itu sih, ada yang salah sama pelaku musik kita.

Apa yang Anda harapkan dari pemerintah soal pembajakan?

Paling penting semua pelaku-pelaku seni di industri musik turun bersama. Terus ada aksi yang jelas, butuhnya kan aksi kalau memang ada undang-undangnya. Harusnya prakteknya di lapangan harusnya sama, jangan bilang ada undang-undang soal bajakan tapi prakteknya beda di lapangan. Kalau soal portal mengunduh gratis harusnya bikin portal semua berbayar supaya nggak download gratisan.

Pesan buat masyarakat?

Kita bikin karya nggak gampang nggak sembarangan, kita curahin semua tenaga untuk suatu karya, tapi baru juga selesai udah jadi bahan bajakan aja di internet. Itu juga harus diperhatikan penggemar dan pemerintah gimana caranya supaya itu semua dijadikan berbayar.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

E. Jean Carroll celebrates $83 million legal win over Donald Trump at downtown NYC bar with media types from MSNBC, Rolling Stone - Page Six

She had $83 million reasons to celebrate. E. Jean Carroll was spotted toasting her legal victory against Donald Trump — and her historic...

Postingan Populer